Profil Sekolah


SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SMP NEGERI 16 MALANG

Guna menyukseskan program Wajib Belajar 9 tahun, pemerintah berusaha menambah jumlah sekolah, terutama SMP yang diasa kurang sebanding dengan jumlah sekolah Dasar yang sudah berdiri lebih dahulu. Untuk itulah dibangun SMP Negeri 16 Malang yang terletak di Jalan Teluk Pacitan Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Sedangkan di Kecamatan Blimbing hanya ada 3 SMP Negeri, yaitu SMPN 14, SMPN 16, SMPN 20 Malang, dan SMPN 24 Malang.


SMP Negeri 16 Malang didirikan pada tanggal 6 Mei 1992. Sekolah ini diresmikan langsung oleh Bapak Prof. Dr. Fuad Hasan yang saat itu menjabat sebagai Mentri Pendidikan dan Kebudayaan. Letaknya yang masih asri, hijau, dan bersebelahan dengan dengan sungai Bango sangat memungkinkan untuk kegiatan belajar mengajar. SMP Negeri 16 Malang mudah dijangkau, karena terletak di dekat jalur transportasi yang dilewati oleh mikrolet dari berbagai jurusan, mengingat letaknya yang sangat dekat dengan terminal Arjosari Malang.

Pada saat berdiri pada tahun 1992, sarana dan prasarana yang ada hanya terdiri dari 4 ruang kelas, 1 ruang perpustakaan, 1 ruang kaboratorium, 1 deret ruang TU, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang guru, dan 2 bagian ruang WC putra dan putri. Lahan sekolah berbentuk memanjang ke arah timur, di mana saat itu masih berupa lahan pertanian. Pada awal semester 1 tahun 1992/1993 SMP Negeri 16 Malang masih filial atau bagian dari SMP Negeri 11 Malang, segingga jabatan Kepala Sekolah masih dipegang oleh Bapak Moel Soeradi (Kepla Sekolah SMP Negeri 11 Malang). Proses belajar mengajar berlangsung pagi hari. Pengajarnya saat itu adalah Ibu Soepeniati, Bapak Medi Asmo, Ibu Cahaya, Ibu Anita, Bapak Suwoko, Ibu Padmi, Ibu Robiatul, dan Bapak Kusnadi. Seiring berjalannya waktu kini SMP Negeri 16 Malang sudah memiliki banyak kelas dan banyak guru pengajar serta karyawan, dan siswa yang hebat. Hingga di usia SMP Negeri yang sudah kepala 2 yakni usia 28 tahun tepat tanggal 6 Mei 2020.


PEJABAT KEPALA SMP NEGERI 16 MALANG
1.    Sri Murtimah Nachrowi
2.    Dra. Retno Astuti
3.    Mujono
4.    Dra. Asmiaty
5.    Drs. Gunarso
6.    Drs. Kuri Sudirdjo, SH
7.    Drs. Sunyoto
8.    Drs. Mochamad Ischaq, M.Pd
9.    Drs. Hari Subagiyo, M.Pd
10.    Drs. Kasmiran
11.    Dra. Mutmainah Amini, M.Pd
12.    Drs. Syamsul Arifin, M.Ed
13.    Mastini, M.Pd